Pajak Tak Capai Target, Pemerintah Bersiap Cari Utang Lagi


[tajuk-indonesia.com]           -           Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mencermati bahwa akan terjadi pelebaran realisasi pendapatan pada APBN 2017. Besaran pelebaran ini diperkirakan mencapai 2,6 persen yang dari semula diperkirakan hanya 2,4 persen, atau bertambah 0,2 persen.

Indikasinya pencapaian pajak hanya akan terealisasi sebesar Rp 1.104,9 triliun dari target setoran pajak tahun ini Rp 1.307,6 triliun. Artinya pemerintah akan mencari sumber dana lain, diantaranya berupa hutang untuk menambal devisit APBN.

Memang ada tambahan penerimaan negara dari minyak dan gas bumi (migas) akibat kenaikan harga minyak dunia. Namun juga ada peningkatan belanja sebesar Rp 10 triliun untuk menyelesaikan beberapa program nasional.

“Kalau dari sisi belanja negara kami akan lihat kenaikan Rp 10 triliun termasuk pergeseran belanja barang ke belanja modal. Maka mungkin kami akan naikkan defisit jadi 2,6 persen (terhadap PDB),” jelasnya pada acara buka puasa bersama media, Senin (19/6).

Dari sisi nominal, maka defisit yang tadinya Rp 320 triliun akan naik menjadi Rp 360 – 370 triliun. Sri Mulyani akan melihat kembali agar tida ada perubahan yang signifikan hingga akhir tahun.

“Jadi sekitar Rp 40 triliun. Paling banyak bergerak adalah subsidi maka kami perlu confirm Pertamina dan PLN dan kemampuan dari sisi balance sheet-nya mereka sendiri,” pungkas dia.[pm]










Subscribe to receive free email updates: