Faizal Assegaf: Intrik Jenderal Gatot Bikin Jokowi dan Rakyat Bingung


[tajuk-indonesia.com]           -           Santernya isu Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo giat menggalang konsolidasi untuk nyapres di 2019 kian mendapat sorotan berbagai kalangan.

Ketua Progres 98 Faizal Assegaf menyebut ihwal dinamika itu masih sebatas gosip politik murahan untuk melengkapi aneka kegaduhan.

Sejauh ini respon rakyat atas isu pencapresan Jenderal Gatot dinilainya sengaja digembar-gemborkan oleh segelintir orang untuk memberi harapan palsu jelang 2019.

Celakanya, lanjut dia, kalau jabatan Panglima TNI dijadikan bargaining politik untuk menggiring Gatot menjadi cawapres Jokowi atau capres, maka nasibnya akan serupa dengan Wiranto.

"Apa yang tengah dilakoni oleh Gatot, tidak berbeda dengan ilusi politik yang dialami oleh Wiranto saat menjabat selaku Panglima TNI di era Presiden Habibie dan Gus Dur," terang Faizal dalam keterangannya, Selasa (21/6). 

Wiranto selaku Panglima TNI saat itu seolah dikesankan super kuat dan dekat dengan kekuatan umat Islam. Tapi faktanya gagal menjadi presiden maupun wakil presiden.

Faizal mengatakan, idealnya Jenderal Gatot tetap fokus mengabdi dalam kapasitas selaku Panglima TNI. Hal ini penting agar tidak terjebak dengan aneka intrik yang membingungkan Presiden Jokowi dan rakyat.

"Kalau ingin berjuang di jalur politik, sebaiknya meletakan jabatan Panglima TNI. Sehingga bebas bermanuver dan tidak dicurigai bermain di balik layar," tegas Faizal.

Namun sampai sejauh ini, ia melihat Jenderal Gatot masih ragu-ragu. Bisa jadi terkait faktor dukungan partai maupun persoalan sokongan operasional.

Selain itu tidak hanya Gatot, ada juga sejumlah figur purnawirawan jenderal TNI dan elit parpol yang punya ambisi besar untuk mendampingi Jokowi sebagai cawapres maupun tampil sebagai capres.

"Yang jelas hanya Jokowi dan Prabowo Subianto akan kembali beradu kekuatan di arena 2019. Kedua tokoh punya dukungan Parpol dan jaringan basis massa yang konkret," tukas Faizal.
[pm]










Subscribe to receive free email updates: