Arahan Jokowi, Tarif listrik Semua Golongan Tak Naik Hingga Desember, Lalu Setelah Desember ?


[tajuk-indonesia.com]           -           Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan, mengatakan pemerintah telah memutuskan tarif listrik tidak akan naik dari periode 1 Juli hingga Desember. Adapun kebijakan ini akan dinikmati oleh semua golongan pelanggan, baik yang menerima subsidi maupun yang tidak.

"Seperti arahan Pak Presiden, TTL, Tarif Tenaga Listrik Per 1 juli sampai Desember tidak ada yang naik. Tetap seperti sekarang," ungkapnya di Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (21/6).

Dia menambahkan, tidak naiknya tarif listrik dikarenakan prediksi terhadap harga energi primer yang cenderung turun. "Prediksi kita, kalau ada penurunan harga energi primer, batu bara atau gas, atau yang lainnya, sehingga tarif listrik bisa menurun," imbuhnya.

Selain itu, aspirasi masyarakat yang tentunya tidak menginginkan kenaikan tarif listrik juga menjadi bahan pertimbangan pemerintah.

"Kalau pertimbangan pemerintah kan juga mendengar pertimbangan masyarakat. Masyarakat sendiri bagaimana pandangannya, ingin naik apa tidak naik," pungkasnya.

Seperti diketahui, media sosial saat ini tengah dihebohkan dengan isu kenaikan Tarif Dasar Listrik (TDL). Disebutkan pemerintah menaikkan tarif secara diam-diam. Pihak Istana Kepresidenan menegaskan tak ada kenaikan seperti yang diributkan oleh netizen.

"Tidak benar ada kenaikan TDL. Banyak salah persepsi orang, ada kenaikan tarif listrik. Yang terjadi sebenarnya tidak naik," kata Kepala Staf Kepresidenan, Teten Masduki di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (12/6).

Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), Sofyan Basir juga menegaskan bahwa tidak ada kenaikan tarif listrik sejak awal 2017 ini. Sofyan menegaskan bahwa pihaknya hanya menerapkan subsidi tepat sasaran dengan mencabut subsidi listrik 23 juta rumah tangga dengan daya daya 900 Volt Ampere (VA) mulai awal tahun ini.

Untuk tarif listrik sendiri, Sofyan memastikan malah turun. Harga listrik per Kwh saat ini jauh lebih murah dibanding 2014 lalu. Hal ini bisa dilakukan karena PLN terus melakukan efisiensi dan harga listrik bisa lebih murah.[pm]









Subscribe to receive free email updates: