Heroik! Di Tengah Salju, 1,3 Juta Warga Korsel Tuntut Presiden Park Mundur


[tajukindonesia.com]      -     Lebih dari satu juta warga Korea Selatan turun ke jalanan ibukota, Seoul akhir pekan ini untuk kembali menyerukan tututan agar Presiden Korea Selatan Park Geun Hye mundur.

Pihak penyelenggara mengatakan bahwa ada 1,3 juta orang yang berkumpul di Seoul kendati cuaca dingin dan salju. 

Mereka menyebut bahwa Presiden Park tidak lagi dapat dipercaya dan tidak layak menjalankan tugas sebagai presiden karena terlibat skandal campur tangan pihak luar. 

Ia diketahui menjadi sorotan beberapa pekan terakhir karena diduga telah membiarkan kerabatnya, Choi Soon-sil yang tidak memiliki jabatan apapun di pemerintahan Korea Selatan untuk mempengaruhi dan ikut campur dalam pengambilan keputusan dan kebijakan di Korea Selatan. 

Sejak skandal tersebut mengemuka, Choi telah diamankan dan sejumlah ajudan Park telah diienvstigasi. 

Park sendiri telah dua kali menyampaikan permintaan maaf di hapan publik, namun hal itu tak juga mampu meredam gelombang protes. Terbukti dengan masih adanya aksi protes dan juga survei terbaru yang menunjukkan bahwa tingkat penerimaan masyarakat Korea Selatan terhadap Park hanya sebesar 4 persen. 

Gelombang protes sendiri dimulai pada lima pekan lalu dan merupakan yang terbesar di Korea Selatan sejak tahun 1980an. [rmol]










Subscribe to receive free email updates: